luhanay blog Follow Dash Owner

Sabtu, 13 April 2013

Jenis Gangguan Umum Kesehatan

1. Kelengar
Gejalanya kesadaran menurun, muka pucat, berkeringat dingin, nadi cepat dan tidak teraba. Keadaan dapat menuju perbaikan bila nadi bisa kembali, pernafasan biasa dan dapat sembuh dengan sendrinya atau dapat memburuk sampai mati bila faktor penyebabnya tidak dihilangkan. Penyebabnya udara kurang mengandung oksigen, terlalu capek, kepanasan, emosi, takut, dan sebagainya. Pertolongannya sebagai berikut :
1. Membawa penderita ketempat yang lebih nyaman, teduh dan segar, tidak dikerubuni banyak orang
2. Baringkan, posisi kaki harus lebih tinggi dari kepala atau tidak memakai bantal. Juga miringkan kepalanya agar kalu muntah akan mudah keluar
3. Longgarkan pakaian yang ketat atau menjepit, seperti sabuk, kaos kaki, dasi, dan lainnya
4. Ciumkan bau-bauan yang merangsang. Seperti amoniak, minyak wangi, alkohol, dan lainnya

2. Pingsan
Keadaan gangguam umum yang lebih berat dari pada pingsan adalah pingsan dengan gejala kesadaran menurun, tidak ada reaksi, tidak respon bila dirangsang dengan rangsangan sakit, tidak bergerak, pernafasan dapat teratur atau tidak, nadi cepat / lambat / tidak teratur. Penyebabnya :
- Darah kekurangan oksigen
- Kerusakan jaringan otak karena pukulan dikepala, tabrakan, infeksi pada otak dan sebagainya
- Keracunan makanan dan minuman, terkena arus listrik dan penyakit seperti ayan (epilepsi), kencing manis, penyakit ginjal yang akut.
Pertolongan pertamanya sama seperti kelengar.

3. Shock
Gangguan umum yang disebabkan karena pembuluh darah kurang terisi, sehingga pengaliran darah terganggu. Gejala-gejalanya kesadaran menurun, tak bergerak, atau gelisah, pucat, bibir kering, sangat haus, pernafasan tidak teratur, sering diselingi dengan menguap, lemah, mengantuk, badan dingin disertai dengan keringat dingin, nadi cepat.
penyebabnya adalah pendarahan, cairan tubuh banyak keluar karena muntah atau diare, luka bakar atau pembuluh kapiler serentak melebar seperti pada alergi, sakit yang hebat.
Pertolongannya sebagai berikut : 
1. Bawa ketempat yang udaranya segar
2. Hentikan pendarahan yang ada dan cegah infeksi
3. Longgarkan pakaian yang menjepit leher, dada, dan perut
4. Selimuti agar tidak kedinginan, tapi jangan sampai berkeringat
5. Jika sadar, beri minum teh hangat
6. Bawa ke dokter atau rumah sakit segera

4. Mati Suri
Gangguam keadaan umum dimana penderita tidak sadar, pergerakan nafas dan denyut jantung berhenti atau tidak dapat dirasakan, tetapi kaku mayat atau lebam mayat belum terdapat. Ini merupakan gangguan umum yang terhebat, penyebabnya sama dengan penyebab pingsan. Bila tidak mendapatkan pertolongan segera maka penderita akan meninggal.
Tanda-tanda mati
- Kaku mayat (rigor mortis)
   Timbul 2-4 jam setelah penderita meninggal. mula-mula pada rahang dan otot kuduk, terus ke otot anggota gerak yang lainnya. Lengkap setelah 12 jam.
- lebam mayat (livori mortis)
   Terjadi 3-4 jam setelah penderita meninggal berupa bercak-bercak biru ungu yang terdapat pada bagian-bagian terendah dari mayat. Bila terlentang terdapat pada punggung dan betis, dan bila tengkurap pada bagian muka, perut, dan bagian tubuh lainnya.
Pertolongan pertamanya adalah sebagai berikut :
1. Berikan nafas buatan (Resusitasi)
2. Perbaikan peredaran darah dengan cara mengurut jantung
3. Coba kejutkan jantungya dengan alat pengejut jantung atau bawa kerumah sakit

5.  Keracunan
a. keracunan melalui makanan
sangat berbahaya dan memerlukan pertolongan segeram karena kalau terlalu lama dilambung akan makin banyak racun yang terserap.
Gejala :
Mula-mula pusing, mual, muntah-muntah, nyeri dan kejang pada perut, kesdaran menurun dan dapat menimbulkan kematian.
Pertolongan :
Harus diusahakan mengetahui penyebab keracunannya, kemudian secepat mungkin diusahakan mengeluarkan racun yang masih ada dalam lambung dengan merangsang terjadinya muntah. Dengan cara menggelitik tenggorokan, memberi minum air garam hangat, air sabun (spotong kecil sabun). Setelah dikeluarkan diberi minum air susu atau telur mentah untuk melepas jaringan yang rusak.
b. Keracunan asam atau alkali kuat
Selaput mulut sampai usus dapat terbakar, maka sangat berbahaya kalau disuruh muntah. Pertolongannya diberi minum susu 2 gelas atau soda pemasak. Untuk keracunan alkali kuat diberi air perasan asam jeruk 3 sampai 4 perasan atau sedikit cuka.
c. Keracunan gas beracun
Cepat dijauhkan dari tempat atau ruangan yang beracun ke udara bersih, diberi minum kopi hangat (bila sadar) kalau perlu lakukan pernafasan buatan dan membawa kerumah sakit / dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklaan

SUPER JUNIOR