luhanay blog Follow Dash Owner

Minggu, 05 Mei 2013

Manfaat Membaca

Beberapa manfaat membaca yaitu sebagai berikut :


1.  Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
Banyak orang yang mengatakan bahwa kegiatan yang paling menyebalkan adalah menunggu. Saat menunggu, sering kali kita merasa cemas dan gundah. Untuk menghilangkan rasa cemas dan gundah tersebut, kita dapat memanfaatkan bacaan. Membaca bacaan, baik buku, majalah, atau Koran dapat mengalihkan perhatian kita kepada hal yang kita tunggu sehingga kita tidak lagi merasa cemas dan gundah.
2.  Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
Membaca adalah pintu masuk menuju kepintaran dan menjauhkan diri dari kebodohan. Agar kita tidak masuk dalam golongan orang-orang yang dekat dengan kebodohan, maka sejak kecil biasakanlah membaca agar kelak mempunyai hobi membaca.
3.  Kebiasaan membaca membuat orang semangat bekerja dan jauh dari kemalasan.
Membaca mampu memunculkan motivasi pada seseorang untuk bekerja keras dan menjauhkan diri dari kemalasan. Orang yang gemar membaca adalah salah satu cirri orang yang sangat menghargai waktu, karena dia tidak membuang-buang waktunya dengan percuma. Tetapi menggunakannya untuk hal yang bermanfaat, yaitu membaca.
4.  Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
Buku atau bacaan lainnya mengajarkan pembacanya mengenal berbagai macam kata. Melalui kegiatan membaca, perbendaharaan kata seseorang akan bertambah. Dengan demikian secara tidak langsung ia akan liwes dan fasih dalam bertutur kata.
5.  Membaca membantu mengembangkan pemikiran.
Orang yang gemar membaca memiliki banyak pengetahuan dan wawasan. Hal yang diperolehnya dari bacaan yang ia baca dapat membantunya dalam mengembangkan pemikiran.
6.  Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
Membaca mampu membuka wawasan kita dan menambah pengetahuan kita, pengetahuan apapun dapat kita peroleh melalui membaca.
Membaca juga dapat meningkatkan ingatan dan pemahaman kita, karena kebiasaan membaca membuat otak terasah untuk mengingat sesuatu.
7.  Dengan membaca, orang dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain.
Seorang penulis memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Ketika ia menuliskan pengetahuan dan wawasannya dalam sebuah buku atau bacaan lainnya, kita dapat mengambil manfaat dari pengetahuan dan wawasannya tersebut.
8.  Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat atau memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan penerapannya dalam kehidupan.
Berbagai buku atau bacaan lainnya yang telah kit abaca, dapat mengembangkan kemampuan kita. Jika kita mempunya kemampuan menulis misalnya, dengan membaca banyak hal, kita dapat menulis sebuah cerita yang kaya akan pengetahuan.
9.  Memebaca membantu seseorang menyegarkan pemikirannya dari beragam masalah dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
Membaca mengandung berbagai manfaat, salah satunya yaitu manfaat hiburan. Buku-buku tertentu, seperti buku fiksi (buku cerita) dan komik dapat memberikan hiburan tersendiri bagi pembacanya.
10.            Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan memahami apa yang tertulis “di antara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).
Orang yang gemar membaca akan terpengaruh menjadi orang yang pandai menulis. Bahkan, memiliki keduanya, yaitu pandai berbicara dan sekaligus pandai menulis.
11.            Membaca teks-teks yang ada di buku melatih kita untuk memusatkan pikiran atau berkonsentrasi.
Pada saat membaca, kita diajak untuk memerhatikan kata demi kata yang ada pada teks tersebut. Jika kita kehilangan beberapa kata saja, bisa jadi kita tidak akan bisa menangkap keseluruhan maksud dari kalimat yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklaan

SUPER JUNIOR