luhanay blog Follow Dash Owner

Jumat, 05 Juli 2013

Teknik Seni Rupa Nusantara

1. Teknik ukir dan teknik pahat
     Teknik ukir merupakan teknik berkarya seni rupa dengan cara membentuk dan mengurangi bahan yang diukir menggunakan peralatan ukir, yaitu tatah ukir. Teknik ukir digunakan pada bahan kayu, batu, tulang, atau tembaga.
     Teknik pahat digunakan pada bahan kayu, batu, atau tembaga. Alat yang digunakan pada teknik pahat adalah pahat, yaitu bilah besi yang tajam pada ujungnya untuk melubangi atau mengukir kayu atau batu.
2. Teknik lukis
     Teknik lukis merupakan teknik berkarya seni rupa dengan cara melukis, yaitu membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas dan sebagainya. Gambar tersebut ada yang diwarnai dan ada yang tidak.
3. Teknik tenun
     Teknik tenun merupakan teknik pembuatan kain tenun dengan cara menganyam. Teknik tenun hampir sama dengan teknik mengayam. Teknik tenun menggunakan alat yang disebut lungsi dan pakan, sedangkan teknik anyam hanya menggunakan tangan.
4. Teknik membentuk
     Teknik membentuk artinya membentuk tanah liat menjadi bentuk yang diinginkan, baik menggunakan alat meja putar (subang pelarik) maupun dengan tangan.
5. Teknik cor
     Teknik cor merupakan pembuatan karya seni rupa dengan menggunakan cetakan atau di cor. Bahan terlebih dahulu dibuat adonan, kemudian di cor dan dituang kedalam cetakan.
6. Teknik anyam
     Teknik anyam merupakan teknik membuat karya seni rupa dengan mengandalkan keterampilan tangan. Bahan yang lazim dibuat anyaman adalah pandan, rotan, bambu, daun kelapa muda, dan daun mendong.
7. Teknik Batik
     Teknik batik merupakan teknik memberi hiasan atau motif pada kain dengan lilin panas atau malam.


Emh ... mungkin cuma itu saja yang aku bisa bagi dengan kalian, semoga bermanfaat.
Tapi mungkin selanjutnya akan ada lagi, jadi mohon kunjungi lagi ya blog aku ini, terimakasih sudah mampir. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SUPER JUNIOR

ELFishy