luhanay blog Follow Dash Owner

Minggu, 07 Juli 2013

Contoh Karya Seni Teater Mancanegara di Asia Part 1

Assalamualaikum ...
Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog aku ini ya :)


Contoh karya seni teater itu terbagi menjadi 2. Yaitu Tradisional dan Modern.
Cuma untuk sekarang aku (Cifcif) hanya mau berbagi yang tradisional nya aja, kalau mau tahu sama yang modern nya bisa di lihat di Part 2 nya ya ... :)
Selamat membaca!

A. Contoh karya seni teater tradisional
     Karya seni teater tradisional mancanegara adalah karya seni-teater yang ada di mancanegara yang maasih terikat aturan kedaerahan atau adat di masing-masing daerah.
1. Nok
    Nok adalah teater atau drama tradisi Thailand yang berasal dari provinsi-provinsi selatan. Pertunjukan dalam lakon Nok berakhir sebagai tindakan keagamaan. Nok ini merupakan perkembangan seni rakyat Thailand yang bernama Lakon Jatri. Nok itu sendiri mempunyai arti di luar atau selatan.
2. Trott
    Trott merupakan drama tari dari Kambodia, yakni sebuah tari berburu rusa yang khas. Pemain-pemain bertopeng menggambarkan pemburu, raksasa, lembu jantan, wanita-wanita, dan rusa.
3. Nibhathin
    Nibhathin merupakan pertunjukan roh yang berasal dari Burma. Pemain-pemainnya adalah para penghibur keliling yang menggunakan agama sebagai payung bagi aktivitas sekuler mereka.
4. Hat Cheo
    Adalah bentuk tertua dari pertunjukan Vietnam. Hat Cheo berkembang dari nyanyian-nyanyian, tarian-tarian, dan lawakan rakyat yang dipertunjukan oleh petani Vietnam pada musim panen. Pertunjukan ini lambat laun menitikberatkan pada sindiran sosial.
5. Kabuki
    Adalah sebuah bentuk teater klasik Jepang, yang mengalami revolusi pada abad XVII. Istilah kabuki berasal dari tiga huruf Jepang, ka (nyanyian), bu (tarian), dan ki (keterampilan). Keterampilan disini adalah keterampilan menggunakan pedang.
6. Noh
    Adalah bentuk teater musikal yang tertua di Jepang. Penceritaan tidak hanya dilakukan dengan nyanyian (utal), iringan musik (hayashi), dan tari-tarian.
7. Kyogen
    Adalah sebuah tarian klasik Jepang yang sifatnya lelucon. Teater ini dipentaskan dengan aksi dan dialog yang amat gaya, selain itu dahulu teater ini dipentaskan disela-sela pementasan Nok meski sekarang terkadang dipentaskan sendiri. Kyogen tidak menggunakan topeng.
8. Bunraku
    Bunraku populer sekitar abad XVI. Buranku merupakan teater boneka di Jepang yang dimainkan dengan iringan yang sifatnya bercerita. Musik yang dimainkan adalah Shamisen, yaitu alat musik dipetik berdawai 3.
9. Mithila-Orissa
    Berasal dari Odissi, India. Teater ini menandai adanya pengaruh tarian dalam interaksi budaya antar daerah.
10. Talchum
      Talchum secara harfiah berarti tari topeng. Talchum merupakan seni pertunjukan yang mengandung seni tari, musik, dan teater. Para pemain menggunakan topeng dan memainkan naskah dengan tarian, dialog, dan nyanyian.
11. Pansori
      Adalah suatu format dalam cerita. Ada seorang pemain sandiwara sebagai pusat yang menyampaikan dialog dan nyanyian menjadi suatu cerita yang utuh, sedangkan pemain sandiwara yang lain menambahkan penggambaran suasana hati dan irama sesuai cerita dengan pukulan drum dan kata-kata lisan yang disebut Chuimsae.


Untuk contoh karya seni teater tradisional cukup segini, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terimakasih banyak atas kunjungan nya.
Semoga bermanfaat ya.
Wassalamualaikum ...

6 komentar:

iklaan

SUPER JUNIOR