luhanay blog Follow Dash Owner

Minggu, 28 Juli 2013

Contoh karya Seni Teater Mancanegara di Asia Part 2

Annyeonghaseyo ...
Selamat datang di blog Cifcif ini ya :)
Kali ini Cifcif akan meneruskan postingan yang sebelumnya bersambung, Nah sekarang Part 2 nya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat dan semoga menyenangkan dan terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berkunjung lagi.

B. Contoh karya seni teater modern
     Karya seni teater modern di mancanegara adalah karya seni teater yang tidak lagi terikat aturan kedaerahan. Karya seni teater tersebut telah dimodernisasi dengan kreativitas para seniman tanpa mengindahkan aturan kedaerahan.

1. Teater modern di Malaysia
    Teater Malaysia berjudul Angin Kering karya Datuk Johan Jaaffar yang menggabungkan Persatuan Kreatif Budaya Anak Seni (KUBAS) dan Persatuan penggerak Warisan Budaya (AKRAB).
Selain Angin Kering, ada teater lainnya, yaitu :
- Kerusi (Dr. Hatta Azad Khan) yang dipentaskan oleh kelompok Seni Teater & Persembahan Anak Kolej PTPL (Rentak PTPL, Sabah).
- Terdampar (Slwomir Mrozek) yang dipersembahkan oleh Sanggar Creative Production (Serawak).
- Uraung Ulu Hatinye luke Lagih (Ibrahim Mohd. taib) yang dipentaskan oleh kelompok KEULU (Trengganu).
- Jebat (Dr. Hatta Azad Khan) yang dipentaskan oleh kelompok Resdungis (Pulau Pinang).

2. Teater modern di Jepang
    Teater modern Jepang dimulai awal abad ke-20 (1910) dengan tetap pada konsep shingeki (percobaan gaya teater barat) dengan mengambil gaya naturalistik dan tema-tema kontemporer yang kontras dengan noh atau kabuki.
    Pada periode berikutnya, muncul fenomena pertumbuhan dalam drama kreasi baru, dimana memperkenalkan konsep estetik yang segar dan merevolusi teater modern ortodoks. Selain itu, digunakan gaya realistis dan bentuk drama psikologi.
    Contoh teater modern Jepang adalah opera Pinokio yang pernah dipentaskan oleh kelompok teater Jepang, Konnyakuza di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada tanggal 16-17 Maret 2007.

3. Teater modern di Korea
    Setelah Korea membuka pintu terhadap negara-negara asing pada abad XIX, muncul teater modern yang pertama, Hyopyul-Sa pada tahun 1902. "Permainan baru" menjadi istilah Korea untuk drama barat pada waktu itu. Sekarang ini format teater tradisional di lanjutkan oleh "lembaga pelestarian budaya" dan dibiayai oleh pemerintah untuk kelestariannya.
Teater Korea memiliki tiga misi utama :
1. Pemerintah membiayai teater, seperti Nasional Teater dan Seoul dan mendirikan pusat Perbendaharaan Seni yang terdiri dari teater tradisional dan klasik Korea.
2. Menjadikan Daehakro sebagai Broadway-nya Seoul.
3. Membangun teater korea sebagai teater yang populer.



Mungkin cukup sekian dari Cifcif, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.
Karena cuma itu yang bisa Cifcif suguhkan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan.
Wasalamualaikum


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SUPER JUNIOR

ELFishy